0%
Posted inMateri

Sistem Komputer

Rasa-rasanya, kita sudah tidak asing dengan istilah komputer. Di berbagai lapisan kehidupan, hampir semua menggunakan komputer. Sejenak mari kita pelajari, apa sebenarnya komputer itu ? dan kenapa pada saat ini komputer seakan-akan tidak bisa terlepas dari kehidupan kita.


Konsep komputer sudah ada sejak ribuan tahun silam, tepatnya sejak masa Babylonia. Dimana pada masa itu, untuk membantu proses perhitungan dan transaksi perdagangan dipergunakan lah sebuah alat bantu untuk melakukan perhitungan. Hal ini dikarenakan istilah komputer sendiri diambil dari istilah To Compute yang artinya berhitung atau alat hitung.

Sistem Komputer adalah …

Baik, sekarang mari sejenak perangkat-perangkat yang disebut dengan komputer. Ada laptop, deskbook, Macbook, PC, dan mungkin sebagian ada juga yang menyadari kalau smartphone pun sebenarnya adalah Komputer. Nah jika diperhatikan, apa kesamaan dari berbagai perangkat tersebut ? Secara sederhana sistem komputer dapat dijabarkan sebagai berikut,

 Sistem komputer adalah kombinasi antar perangkat yang melakukan proses perhitungan dan pengolahan data sehingga menghasilkan informasi.

Lantas, perangkat apa sajakah yang dimaksud dalam pengertian diatas ? Berikut perangkat-perangkat yang menyusun sebuah sistem komputer.

Perangkat Keras (Hardware)

Secara sederhana, perangkat keras adalah perangkat pada komputer yang memiliki bentuk dan tampak secara fisik, sehingga mudah dikenali berdasarkan ukuran panjang, lebar, tinggi, berat dan teksturnya. Masing-masing komponen yang tersambung pada komputer memiliki fungsi dan tugas-tugasnya secara khusus.

Perangkat Lunak (Lunak)

Sementara perangkat lunak adalah sebuah program yang berisikan instruksi-instruksi agar komputer bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Perangkat lunak biasanya dikenali bentuknya yang tampil pada monitor komputer. Fitur yang terlihat tersebut merupakan sebuah Interface atau tampilan antar muka yang akan memudahkan pengguna komputer.

User atau Pengguna (Brainware)

Bagaimana pun juga, Komputer hanya akan berfungsi jika ada manusia yang mengoperasikannya, atau setidaknya proses menghidupkan pertama kali, meskipun pada akhirnya seluruh proses pekerjaan akan terkerjakan secara otomatis.


Tinggalkan Balasan