0%
Posted inMateri

Perangkat Lunak Pada Komputer

Komputer adalah sebuah sistem perpaduan antara hardware, software, dan brainware. Jika pertemuan sebelumnya kita sudah mengenal dengan beberapa hardware yang dibutuhkan dalam sebuah sistem komputer, kali ini kita akan berkenalan dengan software atau perangkat lunak komputer.

Adalah…

Bayangkan jika punya satu set perangkat keras komputer, secanggih apapun perangkat yang kita miliki, tanpa software maka komputer kita tidak akan bisa digunakan. Software dibutuhkan untuk mengoperasikan dan mengorganisasikan fungsi-fungsi hardware yang kita miliki.

Software terdiri dari berbagai jenis, dalam materi hari ini setidaknya kita akan berkenalan dengan software berdasarkan fungsi, dan lisensi.

FungsiLisensi
Sistem OperasiOpen Source
AplikasiFreeware
UtilitasShareware (Trial)
PemrogramanRetail Software
Beberapa jenis software

Berdasarkan Fungsi

Sistem Operasi

Jika kamu menyalakan komputer dan muncul sebuah logo windows, atau ketika menyalakan smartphone kemudian muncul logo android, nah itulah yang dinamakan Sistem Operasi.

Sistem Operasi adalah software yang berfungsi untuk menjalankan perangkat komputer dengan cara mengendalikan dan mengontrol perangkat-perangkat yang ada, serta menyediakan layanan antarmuka antara berbagai perangkat periferal dengan aplikasi-aplikasi yang ada. Sederhananya, Sistem Operasi adalah Software pengendali dari komputer kita.

Contoh Sistem Operasi
DOS

Dibuat pertama kali oleh microsoft pada tahun 1981, hasil kerja sama dengan IBM. DOS termasuk kedalam sistem operasi generasi awal, yang belum menggunakan Grapichal User Interface (GUI), sehingga yang digunakan adalah CLI (Command Line Interface) atau CUI (Character User Interface). Meski demikian, fitur-fitur yang dimiliki oleh DOS ini tidak kalah canggih dengan Sistem Operasi berbasis GUI.

Windows

Pertama kali muncul pada tahun 1990, masih diproduksi oleh perusahaan Microsoft. Berbeda dengan DOS, windows sudah menggunakan GUI, artinya antarmuka yang ditampilkan layar sudah berbentuk gambar dan ikon. Bagi masyarakat Indonesia, windows sudah menjadi software yang banyak digunakan.

Windows berawal dari versi 3.0, sampai yang terakhir saat ini adalah windows 10. Berkembangnya windows sampai saat ini tidak terlepas dari dukungannya terhadap software lain yang begitu beragam, dan termasuk kedalam sistem operasi yang mudah digunakan (User Friendly)
Macintosh

Merupakan Sistem Operasi yang revolusioner, hal ini dikarenakan macintosh adalah sistem operasi pertama yang menggunakan GUI pada tahun 1984. Macintosh diproduksi oleh perusahaan Apple.

Macintosh (dan varian produk besutan apple lainnya) memiliki kekhasan dalam kestabilan yang baik dan tingkat keamanan yang tinggi, disamping keunggulan lain yang diusung sistem operasi ini adalah performanya dalam multitasking.

Di Indonesia sendiri, pengguna Sistem Operasi Macintosh ini masih jarang, selain dari harganya yang relatif lebih mahal, juga layanan antarmuka yang belum familiar. Dalam perangkat mobile, Apple pun memproduksi Sistem Operasi iOS
Linux

Jika ditanya tentang Sistem Operasi yang aman, murah(bahkan gratis), dan bisa di modifikasi dengan bebas, maka jawabannya adalah Linux. Dikembangkan secara mandiri oleh seorang Linus Benedict Torvalds (Finlandia), linux ditetapkan sebagai sistem operasi Open Source, yang artinya siapa pun bisa memiliki dengan hak pakai dan hak modifikasi untuk didistribusikan ulang.

Oleh karena itu, jenis-jenis linux ini sangat banyak jenisnya, mulai dari ubuntu, kali, mint, Gnome, Red Hat dan lainnya. Selain dari sifatnya yang open source, linux juga disukai karena kestabilan dan keamanannya yang tinggi. Bahkan perusahaan-perusahaan besar pun tidak sedikit yang menggunakan linux sebagai komputer server yang mereka gunakan.

Android adalah salah satu varian hasil pengembangan linux yang dipakai dalam perangkat mobile.
Jenis-jenis Sistem Operasi

Software Aplikasi

Ini adalah jenis software yang paling banyak jenisnya. Software aplikasi adalah software yang berfungsi untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan secara khusus. Berikut beberapa contoh software aplikasi,

FungsiNama Aplikasi
Perkantoran (Mengetik, Data Analis, Presentasi)Microsoft Office, Open Office, WordPerfect, Abacus, KSpread, Prezi, Focusky, Kpresenter
MultimediaAIMP, GOM Player, Windows Media Player, MX Player,
Desain GrafisCorel Draw, InkScape, Adobe Photoshop, Canvas, Paint, Adobe Ilustrator
BrowserChrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Safari, Vivaldi, Opera, UCBrowser
GameCall of Duty, FIFA, Asphalt, Need For Speed, God of War, SIMS
Email dan KomunikasiOutlook, Netscape, Eudora, Skype, Zoom, Cisco WebEx,
OrganisasiMicrosoft teams, Slack, Facebook Workplace Chat, Google Suit
Aplikasi PerusakRansomware, trojan, Worm, Adware,
Jenis-jenis Aplikasi

Software Pemrograman

Software Pemrograman adalah software yang berfungsi sebagai alat untuk membuat dan memodifikasi software lain. Pemrograman adalah aktifitas untuk membuat program aplikasi, sementara orang yang melakukannya disebut programmer.

Selain untuk membuat program aplikasi, di era saat ini, aplikasi pemrograman pun digunakan oleh anak-anak dan pelajar untuk belajar teori logika, algoritma, matematika, dan lain sebagainya.

Contoh, aplikasi pemrograman,

FungsiNama Aplikasi
IDE ( Integrated Development Environtment )NetBeans, Visual Studio, Intelij IDEA, Eclipse, Android Studio
DatabaseMicrosoft Access, MySql, PostgreSql, Oracle
Text EditorNotepad++, Visual Code, Sublime Text,
Pembuat Game Unity, Construct 2, Unreal,
Untuk Anak-anakScratch, Kodu Game Lab, Code.org, Roblox

Software Utility

Software Utility adalah software yang berfungsi untuk perawatan, efisiensi, dan pengoptimalan kinerja komputer. contohnya,

FungsiNama Aplikasi
Kompres FileWinRAR, winzip,
Manajemen DiskMyDefrag, TestDisk, OSFMount, EaseUS, GParted, CCleaner
InformasiSpeccy, PC Wizard 2015, ASTRA32, CPU-Z
AntivirusEsset, AVG, Norton, Avira, Avast, Microsoft Defender
BackUp dan UninstallerBackup Assist, Novabackup, RevoUninstaller,
JaringanMikrotik, Manage engine, PRTG Monitor Network
Driver(setiap perangkat keras memiliki aplikasi khusus)

Berdasarkan Lisensi

JenisPengertian
Open SourceBebas dipakai, bebas dimodifikasi dan bisa di distribusikan ulang
freewaregratis, bebas dipakai, akan tetapi tidak boleh di modifikasi. Beberapa jenis freeware adalah aplikasi versi gratis dari shareware dengan pembatasan fitur dan layanan
sharewareaplikasi yang hak pakainya diperjual belikan. biasanya aplikasi shareware diawali dengan penawaran trial (penggunaan berbatas waktu), yang kemudian harus di aktivasi melalui lisensi.
Retailaplikasi yang diperjual belikan melalui toko atau retail jual beli lainnya. Retail biasanya diperjual belikan secara paket dengan paket instalan, backup, dan panduan atau garansi.

Bagaimana dengan Masa Depan ?

Pernahkah kamu melihat film terminator ? atau Transformer ? nah kedua jenis film itu menggambarkan masa depan dimana komputer pada akhirnya memiliki pemikiran (dan perasaannya) sendiri. Hal ini disebut, dengan Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan. Penelitian dan penerapan tentang kecerdasan buatan ini sudah dilakukan oleh berbagai ilmuwan dan programmer.

Yuk simak video berikut untuk mengenal lebih jauh tentang Kecerdasan Buatan.

Latihan


Tinggalkan Balasan