0%
Posted inMateri

Kecepatan jaringan internet

Kita sudah mengetahui tentang internet, sejarah internet dan manfaat apa saja yang bisa kita raih dengan internet. Nah, tapi apakah kita pernah bertanya-tanya, sebenarnya internet itu mengirim apa sih ? kok bisa ya, melalui internet kita bisa kirim-terima teks, gambar, dan video ? kok bisa ya, internet digunakan untuk game online, streaming video dan aktifitas interaktif lainnya.

Satuan kecepatan internet

Sebelumnya, mari kita bayangkan jika sebuah komputer itu adalah sebuah sebuah wadah kue donat. Nah, anggaplah setiap donat itu adalah sebuah file yang tersimpan didalam komputer, bisa jadi donat itu adalah film, musik, game, dan file lainnya. Jika diurai, donat tersebut terdiri dari tepung, coklat, sampai ke bahan paling terkecil.

Nah begitupun di komputer, satuan terkecil pada komputer adalah satuan biner yang terdiri dari dua angka saja yaitu 0 dan 1. Untuk setiap 1 angka biner ini kemudian disebut menjadi 1 bit.

Penulisan satuan bit secara berjenjang adalah,

NamaSingkatanNilai Konversi
bitb1 bit
kilobitkb1024 bit
megabitmb1024 kb
gigabitgb1024 mb
terabittb1024 gb
penulisan satuan bit secara berjenjang

Perhatikan cara penulisan singkatannya dengan menggunakan huruf “b” kecil !

Selanjutnya, setiap 8 bit kemudian berkumpul menjadi satuan informasi yang lebih besar yaitu Byte. Sehingga 1 Byte = 8 bit atau 1 bit = 1/8 Byte.

Penulisan satuan Byte secara berjenjang adalah,

NamaSingkatanNilai Konversi
ByteB1 Byte / 8 bit
Kilo ByteKB1024 bit
mega ByteMB1024 KB
giga ByteGB1024 MB
tera ByteTB1024 GB
penulisan satuan Byte secara berjenjang

Perhatikan cara penulisan singkatan dengan menggunakan huruf “B” (Kapital).

Contoh ukuran file

Sementara di dunia internet, ukuran file ini kemudian berlaku untuk perpindahan data dalam satu detik, atau kita sebut dengan kecepatan jaringan. Maka kita akan mengenal istilah bps atau bit per secon dan Bps atau Byte per secon.

SatuanBitByte
1bpsBps
1000kbpsKBps
1000000mbpsMBps
1000000000gbpsGBps
1000000000000tbpsTBps
tingkatan satuan kecepatan internet

Untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan kalkulator berikut ini >> Kalkulator bit

Simulasi

Jika kita mendapatkan penawaran paket layanan Internet dengan kecepatan 1 Mbps, itu artinya 1 mega bit per second atau 1.024 kilo bit per second (Kbps). Untuk menegetahui berapa kecepatan download/transfer sebenarnya maka harus dikonversi lebih dulu ke satuan Byte, dengan cara dibagi 8, yaitu:

1.024 kbps/8 = 128 KBps (kilo Byte per second).

Ini artinya, kecepatan transfer datanya adalah 128 KB dalam satu detik.

Jika file yang Anda download memiliki besar kapasitas 460,8 MB atau 460.800 KB, maka dengan paket bandwidth Internet 1Mbps di atas, Anda akan membutuhkan waktu selama:

(460.800 KB)/(128 KB/detik) = 3.600 detik atau 1 jam.

Jenis-jenis kecepatan internet

Setelah kita mengetahui tentang perpindahan satuan data yang terjadi selama beraktivitas di internet, sekarang mari kita mempelajari jenis-jenis kecepatan jaringan internet.

Tingkatan kecepatan jaringan di dunia internet memakai istilah Generation atau disingkat menjadi G. Sehingga kita mengenal istilah 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G, yang masing-masing tingkatannya mewakili teknologi yang dipakai untuk meningkatkan kecepatan internet.

1 G

Hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah (low-speed) dan suara sebagai objek utama. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System). Pengembangan teknologi ini dimulai sejak tahun 1980, ketika AMPS di Amerika bekerjasama dengan TACS dan NMT di Eropa membuat terobosan di teknologi jaringan.

2 G

Pada awal tahun 90-an untuk pertama kalinya muncul teknologi jaringan seluler digital yang hampir bisa dipastikan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan teknologi jaringan analog (1G) seperti suara lebih jernih, keamanan lebih terjaga dan kapasitas yang lebih besar.GSM muncul terlebih dahulu di Eropa sementara Amerika mengandalkan D-AMPS dan Quallcomm CDMA pertama mereka.Kedua sistem ini (GSM dan CDMA) mewakili generasi ke dua (2G) dari teknologi jaringan nirkabel dan juga kenyataan bahwa generasi Pertama mulai menghilang satu dekade yang lalu sehingga harus ada generasi yang baru.

Generasi kedua memiliki memiliki fitur CSD sehingga transfer data lebih cepat. sekitar 14.4KBPS. Anda juga dapat mengirimkan pesan teksakan tetapi Fitur CSD ini akan menghabiskan biaya yang besar karena jika anda ingin terhubung ke internet anda harus menggunakan dial-up yang dihitung permenit.

Antara generasi kedua dan generasi ketiga, sering disisipkan Generasi 2.5 yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps).Teknologi yang masuk kategori 2.5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA.

3 G

Antara tahun 2001 sampai 2003, EVDO Rev 0 pada CDMA2000 dan UMTS pada GSM pertama yang merupakan cikal bakal generasi ke tiga (3G) diperkenalkan.  Dengan kemampuan mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk pita lebar (broadband).

UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) adalah perkembangan selanjutnya dari EDGE. UMTS sering disebut generasi ke tiga (3G). Selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail, mms, dan browsing), UMTS juga menyediakan fasilitas video streaming, video conference, dan video calling*). Secara teori kecepatan akses UMTS sekitar 480kbps.

4 G

4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah “3G and beyond”. Sebelum 4G, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik download).

5 G

5G (jaringan seluler generasi ke-5 atau 5 generasi nirkabel sistem) adalah nama yang digunakan dalam beberapa makalah penelitian dan proyek-proyek untuk menunjukkan fase utama berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G/IMT-Advanced efektif sejak 2011.

Saat ini, 5G bukan istilah resmi digunakan untuk spesifikasi tertentu atau dokumen resmi belum diumumkan oleh perusahaan telekomunikasi atau badan standardisasi seperti 3GPP, WiMAX Forum, atau ITU-R.Rilis standar baru di luar 4G sedang berlangsung oleh badan standarisasi, tetapi saat ini tidak dianggap sebagai generasi ponsel baru tapi di bawah payung 4G.

klik berita berikut ini >> Indonesia siap menggunakan 5G tahun depan

GenerasiTeknologiKecepatan
1 GOriginal analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) 14,4 kbps
2 GDigital narrowband circuit data (TDMA, CDMA)9 – 14,4 kbps
3 GDigital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE)500 – 700 kbps
3,5 GReplacement for EDGEHSPA 1-3 mbps and HSDPA up to 7.2Mbps
4 GDigital broadband packet data all IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE)3 – 5 mbps
5 G? ( masih tahap percobaan )> 1 gbps

Internet lemot, Kenapa ?

Latihan Soal


Tinggalkan Balasan