0%
Posted inMateri

Pengertian dan Perkembangan Internet

di era seperti saat ini siapa yang tidak kenal dengan internet? hampir semua aktivitas yang yang terjadi di sekitar kita semuanya tersambung ke dalam internet baik secara sadar ataupun tidak melalui perangkat yang secara langsung terkoneksi ataupun tidak. saking terbiasanya kita berhubungan dengan internet, keberadaannya seakan-akan menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan dalam aktivitas kita. oleh karena itu, hari ini kita akan belajar tentang internet, teknologi yang dipakai , sejarah dan perkembangannya, sampai bagaimana cara kita untuk memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik tentunya.

pengertian dan sejarah internet

Bayangkan jika kita memiliki sebuah kotak surat, dan setiap kotak surat itu terhubung dengan kotak surat yang lainnya melalui sebuah kabel. Dengan kabel itu kita bisa mengirim informasi, bisa juga mengirim barang (data/file), dan mengirim yang lainnya. internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media yang lainnya. dengan menggunakan teknologi yang tepat, internet bisa menghubungkan setiap orang untuk berbagi informasi, data dan dan produk elektronik digital, layaknya sebuah kotak surat yang saling tersambung.

Teknologi yang digunakan untuk saling menyambungkan antara kotak surat bernama internet ini adalah dengan menggunakan teknologi yang bernama Transmission Control Protocol atau Internet Protocol atau seringkali kita membacanya dengan singkatan TCP/IP.

TCP/IP ini merupakan protokol pertukaran paket yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. sehingga internet atau internet networking berfungsi untuk menghubungkan seluruh kotak surat yang dimiliki oleh setiap orang dari seluruh penjuru dunia yang semuanya bisa saling terhubung dan berbagi.

Faktanya kelahiran internet diawali dari perkembangan teknologi militer dimana pada saat itu untuk memudahkan komunikasi antara pusat dan pasukan yang sedang terjun di lapangan maka dibutuhkanlah sebuah sistem komunikasi yang tidak terbatas oleh jarak dan waktu. Pada tahun 1960 departemen pertahanan dari Amerika serikat lewat Advanced Research Project Agency yang disingkat menjadi ARPA, merintis suatu sistem jaringan bernama ARPANET.

Pada tahun 1980 dimulailah penelitian yang dilakukan oleh akademisi di luar sistem kemiliteran Amerika serikat beberapa universitas melakukan pengembangan dari teknologi arpanet ini. Protokol standar dari TCP/IP sendiri mulai dipublikasikan ke publik di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai dipakai empat tahun setelahnya, tepatnya di tahun 1984. Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan di tahun 1986.

NSFNET inilah yang mulai menggantikan peranan dari ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional pada banyak negara akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET tersebut. ARPANET kemudian diturunkan pada tahun 1990.

Namun memang internet hasil pengembangannya itu sendiri tetap berkembang terus-menerus hingga sekarang ini. Dulu, informasi yang dapat dimiliki lewat internet cuma informasi yang berbasis teks. Dan pada tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yang dikenal sebagai WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan lagi oleh CERN.

Di tahun 1993, InterNIC pun didirikan agar bisa melayani pendaftaran nama domain dari publik. Sekitar tahun 1994, internet masuk ke negara kita, Indonesia. Pada waktu itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenali dengan nama unik yaitu Paguyuban Network. Paguyuban Network ini juga berarti serupa dengan namanya dimana semangat kekeluargaan atau kerjasama terjadi begitu akrab diantara para anggota pengembang teknologinya. Hal ini cukup berbeda bila dibandingkan dengan suasana pengembangan Internet di Indonesia sekarang-sekarang ini yang tentunya lebih ke arah komersial tujuannya. Tapi tentunya tak hanya sisi negatif yang dirasa, pertumbuhan e-commerce dan perusahaan komersial lainnya jadi meningkat drastis dan turut membangun juga ekonomi bangsa.

Kala itu RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Idrayanto, dan Onno Purbo adalah beberapa nama-nama tokoh pengembang legendaris yang tercatat di sejarah internet awal-awal Indonesia, tepatnya sekitar tahun 1992 sampai 1994. Setiap pengembang itu sudah berkontribusi dan mendedikasikan keahliannya dalam membangun sejarah IT di Indonesia.

sumber : cnnindonesia.com
sumber : kompas.com


Tinggalkan Balasan