0%
Posted inMateri

Tips Memperoleh Informasi dari Internet

Di era dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini, memperoleh informasi menjadi sangat mudah. Hanya tinggal beberapa kali klik maka kamu sudah bisa memperoleh banyak informasi dari berbagai topik. Informasi menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang untuk menentukan langkah-langkahnya dalam kehidupan.

Pentingnya Informasi

Contoh, sebelum mendapat informasi mungkin kita memakai sendal dengan asal-asalan, dan setelah memperoleh informasi tentang hadis dan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW tentang tata cara memakai sendal, akhirnya cara kita memakai sendal pun berubah. Informasi dalam bentuk apapun, besar ataupun kecil, semuanya penting dan berharga.

Bayangkan jika kita, tidak mengetahui hadis dan sunnah yang mengajarkan tata cara memakai sendal, besar kemungkinan seumur hidup kita akan menggunakan sendal dengan cara yang salah, lebih jauh, kita tidak bisa lebih dekat dengan Rasulullah SAW.

Itu satu contoh bagaimana pentingnya informasi, belum lagi banyaknya informasi yang ada di dunia ini. Allah SWT berfirman,

Katakanlah (wahai Muhammad), “Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Rabbku, sungguh habislah lautan itu sebelum kalimat-kalimat Rabbku habis (ditulis), meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula). [al-Kahfi/18:109]

”Siapa yang menguasai informasi maka dia akan menguasai dunia” Pepatah

Lantas, Bagaimana cara memperoleh informasi ?

Sekali lagi, berkat kecanggihan teknologi, informasi menjadi lebih mudah diperoleh. Akan tetapi, hal ini pun mejadikan persebarannya menjadi lebih mudah, cepat dan tidak terkendali. Bahkan, saking tidak terkendalinya, persebaran informasi dikuasai oleh segelintir golongan untuk kepentingan golongannya tersebut.

Informasi yang tersebar menjadi berbaur, antara yang realita dengan yang fiksi, atau antara fakta dengan hoax. Meski persebaran informasi ini sudah diatur oleh pemerintah dengan Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE), akan tetapi jauh lebih dibutuhkan kesadaran pribadi dalam melakukan penyaringan informasi.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa berita, maka cek dan riceklah berita itu, agar kamu tidak menimpakan suatu malapetaka kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya, sehingga kamu menyesal atas perbuatan itu.” (QS. Al-Hujuraat [49]: 6).

Informasi yang kita miliki, lebih baik di share atau jangan ?

Islam telah mengajarkan kepada kita bagaimana cara memperoleh informasi yang benar dan bagaimana cara mengolahnya. Nah, sebagai salah satu yang aktif dalam dunia internet, kita memiliki andil dalam persebaran informasi. Makanya kita harus senantiasa berhati-hati dalam menyampaikan ulang informasi yang dimiliki.

Informasi sejatinya adalah sebuah amal jariyah, jika kita menyebarkan sebuah informasi yang benar dan bermanfaat, maka selama ada orang yang memanfaatkan informasi tersebut kita akan memperoleh pahala. Begitupun sebaliknya, jika kita turut menyebarkan informasi tidak benar (hoax) maka, dosanya pun turut mengalir pada diri kita.


Tinggalkan Balasan