0%
Posted inMateri

Tips Ber Media Sosial

Di era digital seperti saat ini, keberadaan media sosial menjadi salah satu kebutuhan untuk berinteraksi khususnya di dunia maya. Berbagai jenis akun media sosial pun bermunculan, mulai dari sekedar akun personal untuk mengekspresikan emosinya, akun bisnis untuk melesatkan pemasaran dan relasi, akun untuk kepentingan politik, atau akun yang dibuat khusus untuk menaikan popularitas (selebgram).

Apa tujuan kita ?

Begitupun kita, terkadang kita tidak bisa terlepas dari keberadaan medsos, setidaknya untuk berinteraksi dan memperoleh informasi. Untuk itu kita harus memahami, apa sebenarnya tujuan kita dalam membuat akun medsos. apa manfaat yang bisa diperoleh dari berkegiatan di medsos ?

Secara umum, media sosial memiliki banyak fitur yang mendukung terjadinya pertukaran informasi. Seperti fitur sharing, menyukai, komentar, dan pesan pribadi. Fitur-fitur ini harus dimanfaatkan bagi kita sebagai seorang muslim untuk menyebarkan berbagai kebaikan dengan harapan meraih ridho Allah SWT.

Secara khusus, masing-masing aplikasi media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Contoh, instagram mengusung berbagi konten gambar dan video singkat, youtube mengusung berbagi video, facebook dengan sistem wall dan cerita, dan twitter dengan linimasa (timeline). Setiap aplikasi memiliki fitur-fitur unggulan yang masing-masing bisa dimaksimalkan sesuai dengan tujuannya.

Keberadaan berbagai akun tersebut, dengan segala kekhasannya melahirkan teknik beraktifitas yang beragam. Tentu sebagai seorang muslim, apapun tujuan kita membuat akun medsos dan beraktifitas dengannya, harus sesuai dengan koridor ajaran Islam.

Perhatikan cuplikan berita berikut ini !

Aturan dan norma dalam ber media sosial

Secara hukum, pemerintah telah menetapkan satu aturan yang secara khusus mengatur kegiatan dalam media sosial. Aturan tersebut adalah undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Sederhananya, agar kegiatan media sosial kita tidak merugikan baik itu diri sendiri ataupun orang lain, maka beraktifitaslah sesuai dengan aturan tersebut.

Beberapa aturan dan norma dalam ber media sosial

Jika secara hukum negara aktiftas media sosial pun telah di atur, lantas bagaimana dengan Islam ? Jauh lebih dari itu, islam sudah mengatur terkait hal ini sejak zaman Rasulullah SAW, Baik dalam Al Quran maupun dalam hadist. Maka sejatinya, lagi-lagi sebagai seorang muslim kita harus bersyukur bahwa Allah senantiasa membimbing langkah kita bahkan itu ketika di dunia maya atau internet.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa berita, maka cek dan riceklah berita itu, agar kamu tidak menimpakan suatu malapetaka kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya, sehingga kamu menyesal atas perbuatan itu.” (QS. Al-Hujuraat [49]: 6).

Konsep tabayyun dan sharing informasi dalam Islam
Fatwa MUI dalam beraktifitas di media sosial

Demikian tips ber media sosial yang aman sesuai dengan aturan, adab, dan ajaran Islam. Sekali lagi, sebagai seorang muslim, kita harus fokus dan mengerahkan seluruh energi yang dimiliki hanya untuk keridhoan Allah SWT saja.

Terakhir, silahkan kerjakan latihan soal dibawah ini


Tinggalkan Balasan