0%
Posted inCatatan Refleksi

It’s Time For Informatika

Beberapa bulan terakhir, saya sudah mengikuti setidaknya 3 pelatihan dan sosialisasi implementasi Mata Pelajaran Informatika. Permendikbud no 37 tahun 2019 menjawab sudah pertanyaan yang muncul di benak para guru TIK selama ini, “bagaimana nasib kami di kurikulum 2013”.

Maka, Ini seperti mimpi yang menjadi nyata, setelah bertahun-tahun lamanya pelajaran TIK di hilangkan dan menjadi “Bimbingan TIK”. Kini TIK muncul kembali menjadi mata pelajaran baru yang lebih fresh dan lebih menantang untuk anak-anak milenial sekarang.

Oke, khususnya bagi saya, ini benar-benar seperti mimpi menjadi nyata. Saya adalah guru TIK dengan background pendidikan teknik informatika (abaikan tentang liniearitas, saya hanya ingin mengajar..!!). Dengan idealisme seorang anak teknik, tentu melihat kurikulum TIK yang dulu itu amat sangat gregetan. Bagaimana tidak anak hanya di ajarkan bagaimana cara ngetik, menghitung, dan presentasi pada aplikasi office tertentu yang notabene “bajakan”.

Dilihat dari sudut manapun, pendidikan dengan menggunakan aplikasi bajakan rasanya tidak elok untuk diterapkan. Belum lagi materi yang berputar hanya seputar itu, dan seakan-akan mendesain anak didik hanya untuk menjadi pengguna produk perusahaan “anu” saja.

Jawabannya kini adalah : Informatika

Melihat generasi yang sekarang sedang kita hadapi, berbagai tantangan globalisasi, perkembangan teknologi, dan tentu revolusi industri 4.0, pemerintah mencoba menjawab berbagai permasalahan itu setelah secara prematur justru menghilangkan materi “komputer” pada kurikulum pendidikan. Komputer kini menjadi senjata yang sewaktu-waktu bisa membunuh siapa saja yang menyalah gunakan, atau bisa menjadi jembatan untuk menebar sebesar-besar manfaat pada dunia.

Para pakar kemudian merumuskan sebuah konsep materi yang mampu mengendalikan sekaligus menjawab tantangan itu. Ya, tantangan yang dibutuhkan kaum milenial dalam mengoperasikan komputer, intinya adalah itu.

Selanjutnya saya akan menyambung tulisan ini dengan kategori khusus yaitu, informatika untuk mengulas sejauh mana materi dan perkembangan mapel ini berikutnya. Semoga kedepannya, informatika tidak hanya dianggap sebagai mata pelajaran tambahan, tetapi benar-benar menjadi landasan anak didik dalam mengoperasikan komputer di masa yang akan datang.


Tinggalkan Balasan