10 Aplikasi Perawatan Komputer Bawaan Windows

Di Indonesia, saat ini mungkin Windows adalah sistem operasi dengan pengguna paling banyak. Hal ini karena sistem operasi besutan Microsoft ini terkesan mudah digunakan dan terbilang memiliki tingkat kompabilitas yang tinggi. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa windows memiliki sederet aplikasi bawaan untuk mengoptimalkan pemakaian komputer ? Berikut ini adalah 10 aplikasi perawatan komputer bawaan windows 10 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan komputer kita.

Baca Juga : Perangkat Lunak Komputer dan Jenis-jenisnya

Perhatian : Sebelum lebih lanjut, harap perhatikan bahwa beberapa aplikasi di bawah ini memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Resiko terbesar dari kesalahan penggunaan adalah menyebabkan sistem operasi ‘crash’ atau rusak. Oleh karena itu, pelajari dengan betul cara penggunaannya, atau dampingi dengan orang yang lebih mengerti.

10 Aplikasi perawatan komputer bawaan windows

Aplikasi perawatan bawaan windows ini adalah aplikasi yang secara otomatis tertanam dalam instalasi sistem operasi windows. Jadi sebenarnya jika kita memahami fungsi-fungsi dari aplikasi ini, kita tidak lagi membutuhkan penginstalan aplikasi lain yang justru malah menambah berat kinerja komputer kita. Lantas dimanakah posisi aplikasi-aplikasi ini berada ?

Letaknya adalah di start menu, kemudian perhatikan daftar aplikasi di sebelah kiri. Disana ada sebuah folder bernama ‘Alat Administratif Windows’ atau Administrative Windows Tools. Nah dalam folder itulah sederet aplikasi itu berada. Sekarang mari kita lihat fungsi dari beberapa aplikasi tersebut.

Component Services dan Computer Management

Aplikasi ini berfungsi untuk memantau dan mengelola berbagai fungsi dan layanan yang bekerja di latar belakang sistem operasi. Tanpa kita sadari ada banyak program yang berjalan selama kita menggunakan komputer, dan mungkin sebagian diantaranya adalah program-program yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Dengan memahami kinerja dari component services ini kita bisa memperingan pekerjaan komputer kita dengan mematikan layanan yang tidak kita butuhkan.

Defragment and Optimize Drive

Hardisk internal yang terinstal windows di dalamnya secara berkala harus kita defrag, tujuannya agar kondisinya terjaga dan bekerja lebih efisien. Banyak aplikasi pihak ketiga atau aplikasi luar yang menawarkan layanan serupa, padahal kita bisa melakukannya sendiri dengan aplikasi bawaan dari windows.

Event Viewer

Setiap perangkat komputer selalu mencatat peristiwa-peristiwa yang terjadi. Catatan ini adalah log, dan aplikasi untuk melihat catatan-catatan selama pemakaian komputer ini adalah event viewer. Meskipun demikian, event viewer akan menampilkan catatan-catatan yang lebih bersifat teknis, seperti permasalah error atau masalah selama pemakaian komputer.

Disk Cleaner

Disk Cleaner adalah aplikasi sederhana yang bertujuan untuk membersihkan hardisk dari sampah atau file-file sisa (temporary files). File-file tersebut seiring berjalannya waktu akan bertumpuk dan membuat kapasitas hardisk berkurang, yang kemudian akan berdampak pada performa komputer. Kita bisa melakukan pembersihan ini secara berkala.

Performance Monitor

Performance Monitor akan menampilkan laporan dari performa komputer berdasarkan hardware yang terinstal. Setidaknya terlihat dari waktu respon dari sistem, serta juga termasuk bagaimana proses yang berjalan dengan konfigurasi pengaturan atau setting yang sedang diterapkan. Sehingga secara realtime kita bisa memantau kondisi keterhubungan antara software dan hardware dari komputer yang kita gunakan.

Recovery Drive

Untuk mengantisipasi kerusakan data atau serangan virus, windows menyediakan sebuah alat untuk menjaga berbagai data yang kita miliki. Alat itu adalah recovery drive yang secara umum berfungsi sebagai penyelamat data. Jadi secara sistematis kita bisa menentukan titik poin dimana seluruh data dan pengaturan yang kita miliki akan diselamatkan oleh sistem. Secara sederhana, sistem kerjanya adalah apabila terjadi kerusakan atau eror, sistem operasi akan mengembalikan seluruh pengaturan dan data yang memungkinkan di titik poin yang telah kita tentukan sebelumnya.

Registry Editor

Setiap kali kita menginstal aplikasi baru, windows akan menyimpan file pengaturan untuk memastikan aplikasi tersebut berjalan optimal. File pengaturan tersebut tersimpan melalui sebuah database yaitu registry. Masalahnya adalah semakin banyak aplikasi yang kita instal, maka akan mempengaruhi perforna komputer kita. Oleh karena itu, kita bisa mengelola registry ini agar komputer memiliki performa yang stabil. Registry Editor adalah aplikasi yang bertujuan untuk mengelola file-file registry yang terdapat pada komputer.

Windows Memory Diagnostic

Cara yang sederhana yang tersedia pada windows untuk mengecek kesehatan RAM adalah dengan aplikasi Windows Memory Diagnostic. Jika kita menjalankan aplikasi ini, maka secara langsung windows akan menawarkan proses restart, karena pemeriksaan RAM harus melalui proses rebooting.

System Configuration

Fitur yang tersedia dalam system configuration ini salah satunya adalah pilihan booting. Dengan pengaturan yang tepat kita akan memperoleh sistem booting yang lebih cepat. System Configuration juga digunakan apabila user akan menuju ke mode safe mode yang menjadikan pengelolaan konfigurasi sistem operasi lebih aman.

Windows Defender Firewall

Salah satu aplikasi yang penting bagi komputer yang terkoneksi ke jaringan adalah firewall. Alih-alih menggunakan aplikasi luar yang lebih berat atau bahkan lebih mahal, windows telah menyediakan aplikasi bawaan bernama Windows Defender Firewall. Dengan fungsi yang sama yaitu untuk menghalau dan mencegah berbagai sambungan yang dianggap berbahaya oleh sistem.

System Information

System information akan menampilan data informasi yang lengkap terkait sistem operasi, komponen hardware dan software yang terinstal di dalamnya. Dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui model berbagai perangkat yang tersambung sehingga bisa memaksimalkan berbagi fitur yang ada. Hal ini juga bermanfaat apabila kita ingin melakukan upgrading sistem, dengan mengenal berbagai model dan tipe perangkat maka harapannya kompabilitas komponen lebih sesuai.

Bonus : Windows Defender

Di luar deretan aplikasi yang tergabung dalam kelompok Administrative Tools Windows, ada juga aplikasi perawatan yang penting untuk kita ketahui yaitu Windows Defender. Aplikasi satu ini adalah aplikasi anti virus bawaan dari sistem operasi windows. Sebagaimana kita ketahui, aplikasi antivirus adalah aplikasi penting yang terkadang memiliki ukuran dan dengan konsumsi resource yang besar. Keberadaan windows defender bisa memperingan kinerja komputer, sehingga performanya tetao terjaga tanpa harus khawatir dengan serangan-serangan dari program perusak (virus dan sejenisnya)

Demikian informasi aplikasi perawatan komputer bawaan windows ini semoga bermanfaat.

Catatan : Artikel ini berdasarkan komputer yang di pakai oleh penulis yaitu windows 10 Home Single Language dengan versi 10.0.19042 build 19042. Perbedaan versi mungkin akan menyebabkan beberapa perbedaan aplikasi dan teknik pemakaiannya.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *